Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal – Jika Anda telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, Anda harus minum obat yang diresepkan oleh dokter. Namun, langkah ini dapat didukung dengan menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang baik.

Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal

Gaya hidup memiliki pengaruh besar terhadap tekanan darah tinggi. Jika dilaksanakan dengan sukses, kemungkinan besar kebutuhan akan obat-obatan dapat dikurangi. Berikut ini adalah pola hidup sehat untuk menjaga tekanan darah normal:

  1. Berlatih secara teratur

Olahraga teratur selama 150 menit seminggu, atau sekitar 30 menit sehari, dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 5-8 mmHg. Langkah-langkah teratur harus diambil untuk menjaga tekanan darah normal.

Jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda bisa naik lagi. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal, seperti aerobik, jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

  1. Konsumsi makanan sehat

Tips menjaga tekanan darah normal kemudian dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Jika dilakukan secara rutin, makanan dan minuman sehat ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mmHg. Jika makan sehat terlalu sulit, berikut adalah tips untuk memandu Anda:

  • Tulis menu mingguan. Perhatikan jumlah yang dikonsumsi.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium. Tingkat ini dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.
  • Baca label kemasan makanan saat berbelanja. Jika konten tidak cocok, harap batalkan niat pembelian.
  1. Kurangi Asupan Garam

Mengurangi asupan garam dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 5-6 mmHg. Untuk orang dewasa, mereka idealnya mengonsumsi kurang dari 1.500 miligram per hari. Jika sulit untuk mengurangi asupan garam, berikut tips untuk memandu Anda:

  • Baca label makanan. Pilih makanan atau minuman yang rendah sodium.
  • Kurangi asupan makanan olahan.
  • Jangan menambahkan garam ke makanan. Alih-alih garam, Anda bisa menggunakan bumbu sebagai bumbu.
  1. Batasi jumlah konsumsi alkohol

Baik buruknya alkohol dapat ditentukan dari jumlah konsumsi hariannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, wanita disarankan untuk mengonsumsi satu gelas per hari. Sedangkan untuk pria, dianjurkan untuk mengonsumsi dua gelas sehari. Jika dikonsumsi sesuai dosis, tekanan darah tinggi dapat diturunkan sebesar 4 mmHg.

  1. Berhenti Merokok

Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Saat memasuki tubuh, nikotin memberi sinyal ke otak untuk melepaskan hormon adrenalin. Nah, hormon ini menyebabkan diameter pembuluh darah mengecil sehingga meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah.

jika Anda sedang kurang sehat jangan lupa untuk istirahat sejenak, jika masih belum hilang segera lakukan pengecekan atau lakukan medical check up di Plaza medis. mereka menyediakan paket medical check up untuk Anda yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan tertentu.

untuk mendapatkan paket medical check up murah di Plaza Medis Anda bisa mengunjungi website mereka, mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua ya.

Cendana Parc

Promo Property

Dapatkan hunian mewah minimalis Cendana Parc di Karawaci Tangerang Banten. Harga mulai 600 Jutaan dengan fasilitas lengkap & akses strategis